A lil' pepper in paper

Aku pikir Aku

Posted in Duniaku by ayaslarasati on January 11, 2011

Sering kali aku berpikir atau lebih tepatnya berandai-andai untuk menjadi orang lain. Mengapa? Agar aku dapat melihat  aku. Lalu setelah itu? tentunya dengan mudahnya aku akan mengetahui kepribadianku. Apakah benar itu aku? seperti itukah aku? Kenapa aku bisa seperti itu? apakah itu yang aku inginkan? ya, dengan itu aku berharap akan mengetahui diriku dengan mudahnya. Seperti pepatah katakan, “semut di seberang lautan terlihat, gajah di pelopak mata tak tampak”, dalam arti sudah pasti makhluk manusia di bumi ini lebih mudah menilai orang lain dibandingkan dengan dirinya, bukan?

banyak yang berkata dunia itu misteri, tapi menurutku, diri-lah yang misteri. ya, diriku sendiri. mungkin karena  dapat dikatakan aku masihlah muda hidup di dunia ini hingga aku belum memahami dan mengetahui diriku sepenuhnya layaknya manusia-manusia yang hidup berumur. tetapi sesungguhnya, adakah manusia disana yang berpikir layaknya seperti aku ini? Atau tidak ada satu pun?

Hidup di dunia ini, lebih tepatnya di masa ini dimana segala hal dirajai oleh instan, dimana semua makhluk dituntut untuk hidup baik dinikmati atau tidak, pastilah banyak yang meremeh-temehkan pikiranku ini. pikiran-pikiran yang ingin mengenali diri layaknya ibu mengenali anaknya. tidak bermaksut sinis, tetapi pastilah banyak. ya, karena mereka-mereka tertuntut oleh kehidupan sehingga mengenali diri tidaklah penting di matanya. Atau mungkin lebih tepatnya mereka terlena akan kecanggihan dunia, sehingga terpikir akan hal ini pun tidak. aku selalu bertanya-tanya, bagaimana rasanya hidup tetapi tidak bersahabat dengan diri? bagaimana rasanya hidup tetapi tidak tahu apa yang diinginkan? ingin, keinginan yang tentu saja bukanlah sekedar ingin namun keinginan dalam hidup akan hidup. hai orang-orang berumur! bagaimana dengan kalian? atau kau yang yang bertahun sepertiku, bagaimana denganmu?

adakah yang berpikir seperti itu?

aku, tentu saja belumlah mengenali diriku seutuhnya.. dan mengandai menjadi orang lain demi melihat diri mungkin itu gila. lagipula, itu adalah cara instan yang selamanya tidak akan pernah ada proses mengenali sedalam-dalamnya. Jadi, ya, aku tak akan berpikir akan hal itu lagi. semoga saja. karena sesungguhnya pun aku tahu, tidak ada yang lebih mengenali diri dibandingkan diri sendiri, bukan? yah, setidaknya aku telah berpikir menuju ‘aku’ dan masih berada di dalam proses itu.

 

Jadi, mari berpikir!

 

Ayas

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. orang diseberang said, on January 13, 2011 at 4:52 AM

    sulit untuk menilai diri sendiri karena tidak kenal sama diri sendiri. alam bawah sadar orang, siapa yg tahu? orang itu saja belum tentu tahu alam bawah sadarnya berkata apa. karena mungkin didalam kita itu gelap. gelap yang menelan semua. our deepest darkest thoughts, wish, dreams, and truth.

    sudah siap untuk mengenal diri anda sendiri?

    #sokbijak #numpanglewatyayas

  2. liv said, on January 19, 2011 at 11:32 AM

    kurasa proses pengenalan diri baru berhenti saat kita menutup mata selama-lamanya. sebelum itu terjadi, pasti ada yang kita pelajari tentang diri kita, baik disadari maupun tidak. ada orang yang berkelana demi mencari jati diri. tp hanya sedikit orang yang mau berdiam dan berkontemplasi. berkaca pada cermin hati. sungguh, jika kita mau membuka mata hati dan mendengarkan renungan hati nurani sehari saja, pasti ada yang akan kita pelajari.
    tapi kadang Tuhan bereksperimen: ia mempertemukan kita dengan seseorang yang sifatnya sangat mirip dengan kita. ketika kita mulai berpikir, saya tidak suka orang itu! baru kita sadar, bahwa kita dihadapkan dengan diri kita sendiri. sebetulnya lelucon Tuhan sangat lucu, tapi kadang manusia yang terlalu takut atau ragu untuk tertawa. :)


Leave a Reply

